Ikan Hias Air Laut

Selain ikan hias air tawar, ikan hias dari laut juga cukup banyak diminati. Bahkan, beberapa orang menganggap ikan dari laut jauh lebih indah, serta memiliki beragam warna dan bentuknya. Lalu, bagaimana cara untuk bisa memelihara ikan hias air laut di rumah? Temukan jawabannya di sini.

 

Cara Memelihara Ikan Hias Air Laut di Aquarium

memelihara ikan hias air laut
google.com

Meski berasal dari perairan asin (laut), Anda tetap bisa memeliharanya di rumah dengan menempatkan ikan-ikan tersebut di dalam aquarium atau aquascape. Beberapa hal penting yang tidak boleh terlewatkan sebelum Anda mulai memeliharanya yaitu:

 

1.      Perhatikan Tingkat Derajat Keasinan

Perhatikan Tingkat Derajat Keasinan
google.com

Agar ikan air laut bisa hidup dengan optimal, sebaiknya Anda juga menggunakan air laut asli. Saat ini, air laut alami bisa didapatkan dengan mudah di toko perlengkapan aquarium. Gunakan alat ukur hydrometer untuk memastikan air tetap asin.

 

2.      Bersihkan juga Kaca Aquarium

Bersihkan juga Kaca Aquarium
swelluk.com

Jangan lupa untuk selalu rutin membersihkan kaca aquarium. Hal ini penting, karena pada dasarnya ikan air laut cenderung menyukai perairan yang jernih. Anda bisa menempatkan ikan “pembersih”, misalnya seperti ikan sapu-sapu.

 

3.      Memperhatikan Suhu Air

Memperhatikan Suhu Air aquarium
dhgate.com

Suhu air ideal untuk memelihara ikan dari laut yaitu harus stabil, kurang lebih 18 derajat Celcius. Jangan sampai air bersuhu terlalu dingin atau panas. Anda harus rutin melakukan pengecekan suhu, agar ikan hias di dalamnya tidak stres saat tiba-tiba suhu air berubah.

 

4.      Bersihkan Akuarium secara Rutin

Bersihkan Akuarium secara Rutin
fishkeepingworld.com

Perhatikan kebersihan air di dalam aquarium, agar tidak ditumbuhi hama atau jamur pengganggu. Air yang kotor bisa menjadi sumber penyakit bagi ikan-ikan di dalamnya. Selain itu, air yang keruh juga bisa merusak tampilan. Namun perlu diingat, Anda harus hati-hati agar ikan tidak kaget atau stres.

 

5.      Menjaga Kondisi pH

Menjaga Kondisi pH
thesprucepets.com

pH air yang baik untuk aquarium ikan laut adalah cenderung asam, yaitu sekitar 8,2. Anda perlu memiliki alat ukur derajat keasaman agar bisa rutin mengontrolnya. Jika perlu, ganti air dengan air laut yang baru saat air mulai basa (tidak asin lagi).

 

Jenis Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara

Berikut beberapa referensi jenis ikan hias air laut yang bisa dengan mudah ditemukan dan bisa dipelihara di rumah.

 

1.      Ikan Banggai

 Ikan Banggai
marinehobby.com

Ikan yang berasal dari daerah banggai sulawesi tengah ini sangat populer dikalangan para pecinta ikan hias. Walaupun sangat terkenal dikalangan para pecinta Ikan namun populasi ikan ini sangat sedikit dan hampir punah, hal ini disebabkan karena penangkapan ikan secara berlebihan. Saat ini para peternak ikan banggai sedang berupaya untuk mengembang biakkan ikan ini diberbagai daerah diseluruh indonesia.

 

2.      Ikan Nemo

Ikan Nemo
petshoods.com

Ikan yang terlahir sebagai pejantan ini juga laris manis diburu pecinta ikan, karena memiliki corak yang unik dan cerah. Namanya mulai populer sejak dijadikan sebagai tokoh utama pada film kartun anak-anak berjudul “Finding Nemo”.

Ikan ini sebenarnya masih berkerabat dengan Ikan Badut, maka bentuk dan warnanya pun hampir sama, yaitu jingga atau kemerahan dengan garis putih dan hitam.

 

3.      Ikan Lepu

Lepu fish
google.com

Ikan lepu adalah ikan mematikan, karena mengandung bisa beracun. Meskipun cukup menakutkan, ikan ini justru memiliki bentuk yang cantik. Tubuhnya dipenuhi duri seperti landak. Sebelum menangkap mangsanya, ikan ini akan menyamar seperti terumbu karang.

Gerakannya sangat cepat, jadi jika Anda ingin memeliharanya, pastikan dipisah dengan ikan hias lainnya.

 

4.      Butterfly Fish

Butterfly Fish
thesprucepets.com

Ikan ini dikenal juga sebagai ikan kepe-kepe. Bentuk tubuhnya cenderung bulat dengan motif garis dan warna yang sangat cerah. Panjangnya sekitar 15 cm, dan sangat suka mencari makan di sela-sela terumbu karang pada waktu siang hari.

Sedangkan malam harinya, ikan ini akan bersembunyi dan beristirahat di balik terumbu karang.

 

5.      Dottyback

Dottyback
indianapublicmedia.org

Ikan Dottyback lebih suka hidup di terumbu karang yang cukup dangkal. Mereka sangat suka berenang di sekitar terumbu sambil mencari makanan berupa cacing kecil atau hewan kecil lainnya.

Ikan ini memiliki warna unik yang lain dari lainnya, kebanyakan dari mereka berwarna ungu dan kuning. Karakternya cukup agresif, namun kecantikannya sangat memukau.

 

6.      Ikan Discus

Ikan Discus
discustankmates.com

Ikan berbentuk menyerupai segitiga dan pipih ini memiliki corak dan warna yang cerah. Warnanya sangat bervariasi, ada yang biru, jingga, putih, dan lainnya. Karakternya cukup ramah, kadang suka menyendiri, namun sebagian lagi lebih suka berkelompok.

Ikan ini termasuk ikan mahal, apalagi jika coraknya terlihat unik dan rumit, maka harga jualnya akan semakin meningkat.

 

7.      Ikan Neon Tetra

Neon Tetra Fish
aquarium-fish-plants.com

Salah satu jenis ikan hias yang harus ada di aquarium Anda adalah Neon Tetra. Ikan ini hanya sepanjang 2 cm saja, namun pesonanya sangat indah. Ikan ini memiliki corak yang khas, yaitu garis berwarna merah dan biru.

Sisiknya juga terlihat menyala seperti neon. Ikan ini sangat suka bergerombol, jadi sebaiknya Anda tempatkan setidaknya 10 ekor di dalam aquarium.

 

8.      Ikan Yellow Feifeng

Ikan Yellow Feifeng
2.bp.blogspot.com

Ikan ini dikenal juga dengan nama American Flagtail. Dalam satu tubuh, ikan ini memiliki corak yang berbeda-beda. Biasanya terdapat corak titik-titik di tubuh, serta garis-garis di ekornya. Warnanya pun cerah dan terkesan mewah.

Ikan ini termasuk golongan ikan pemakan lumut. Maka dari itu, selain sebagai hiasan ikan ini juga berguna untuk membersihkan lumut-lumut aquarium Anda.

 

9.      Ikan Blue Devil

Ikan Blue Devil
i.ytimg.com

Ikan ini memiliki warna dominan yaitu biru tua. Blue Devil sangat suka berada di antara terumbu karang pada perairan yang cenderung dangkal, dan tidak begitu jauh dari bibir pantai. Bentuknya pipih dan sedikit memanjang, panjangnya maksimal hanya mencapai 7 cm saja.

Karakter ikan ini termasuk agresif, namun mampu beradaptasi dengan mudah di lingkungan baru.

 

10.   Ikan Bidadari/Angel Fish

Angel Fish
google.com

Ikan ini memang pantas disebut sebagai bidadari. Parasnya yang sangat cantik menjadi alasan utama mereka dinamai bidadari. Bentuknya segitiga dengan sirip yang runcing dan berwarna cerah seolah bersinar.

Namun dibalik penampilannya yang cantik, ikan yang panjangnya sekitar 15 cm ini bersifat sangat rakus. Mereka sangat suka memangsa ikan kecil atau udang di sekitarnya.

 

11.   Ikan Goby/ Watchman Goby

Watchman Goby
google.com

Ikan Goby merupakan ikan hias air laut asli Indonesia. Populasinya banyak tersebar di perairan Kalimantan, Jawa, Sumatera, dan lainnya. Mereka lebih suka berenang di dasar perairan yang mengandung pasir atau tanah liat.

Bentuk ikan iki panjang dan pipih, ukurannya juga cukup kecil yaitu hanya 4 cm. Meski kecil, ikan ini termasuk predator yang cukup rakus.

 

Ikan hias air laut memiliki tempat tersendiri di hati pecinta ikan hias. Populasinya melimpah dan sangat beragam. Tidak hanya itu, target pasar penjualan ikan hias ini juga jelas dan tidak terbatas. Hal ini tentu menjadi peluang emas bagi Anda yang berniat menjadikannya sebagai ladang bisnis.

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar