Ikan Hias Air Tawar

Saat ini, menikmati pemandangan ikan-ikan cantik bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan memiliki kolam atau aquarium sendiri di rumah.

Ada banyak pilihan jenis ikan yang bisa Anda pelihara, salah satunya jenis ikan hias air tawar.

Mereka biasa tinggal di aliran sungai dan danau. Mau tahu cara merawatnya? Pelajari dulu baik-baik beberapa hal berikut.

 

Metode Pemeliharaan Ikan Hias Air Tawar

 

Pada dasarnya, ada dua jenis tempat yang bisa Anda jadikan sebagai “rumah” bagi ikan hias.

Anda bisa memilih aquarium untuk di dalam rumah, atau kolam untuk di halaman luar rumah.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda.

 

1.      Ikan Hias Air Tawar di Kolam

 

kolam ikan hias
pinterest

 

Menyediakan kolam ikan memang membutuhkan waktu pengerjaan yang sedikit lebih kompleks dibandingkan dengan aquarium.

Anda perlu membuatnya dengan material seperti batu bata, semen, pasir dan lainnya. Kedalaman ideal untuk kolam ikan hias yaitu sekitar 30 sampai 50 cm.

Suhu yang baik sekitar 27-30 ̊ C, dilengkapi dengan pH sekitar 6-7.

 

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan terkait ukuran kolam serta posisi kolam.

Semakin banyak ikan, maka semakin luas kolam yang dibutuhkan. Jangan bangun kolam di tempat yang berada di bawah terik matahari secara langsung.

Sebelum diisi air dan ikan, berikan suplemen organik agar air terasa lebih alami seperti habitat aslinya.

 

2.      Ikan Hias Air Tawar di Aquarium

 

ikan hias air tawar aquarium
wikimedia.org

Aquarium ideal yang dapat digunakan sebagai tempat tinggal ikan hias harus memenuhi beberapa syarat.

Diantaranya yaitu, kandungan oksigennya lebih dari 3 ppm, derajat keasaman antara 6-7, serta suhu air berada pada rentang angka 24-30 derajat Celcius.

Hal penting lainnya adalah, pasang alat filter air agar air tidak cepat keruh.

 

Mengingat aquarium cenderung lebih sempit dibanding kolam, maka Anda perlu berhati-hati jika ingin mencampurkan beberapa jenis ikan.

Pilih ikan hias yang bersifat tenang dan tidak agresif. Hal ini penting untuk menghindari perkelahian antar ikan.

Jangan lupa untuk membuat jadwal rutin untuk membersihkan aquarium.

 

Makanan Ikan Hias Tawar

 

Bicara soal pakan, ikan hias dari perairan tawar termasuk ikan yang mudah beradaptasi. Maka Anda tidak perlu bingung mencari pakan untuk ikan tersebut.

Rata-rata ikan hias dari sungai atau danau ini sangat menyukai hewan-hewan kecil seperti cacing, udang, dan lainnya.

Untuk ikan herbivora, mereka sangat suka makan tumbuhan seperti lumut atau sisa-sisa buah yang jatuh dari pohon.

Saat berada di aquarium, Anda bisa memberikan mereka pakan alami maupun buatan. Jika ingin memberikan pakan alami, maka Anda harus meluangkan waktu untuk mencarinya di alam.

Lain dengan pakan alami, pakan buatan (instan) lebih mudah didapatkan, yaitu cukup membelinya di toko peralatan ikan. Keduanya sama-sama mengandung nutrisi baik bagi pertumbuhan ikan hias.

Jenis Ikan Hias Air Tawar

Berikut rekomendasi jenis ikan hias dari perairan tawar:

1.      Ikan Hias Air Tawar Bala Shark

ikan bala shark
hewany

Ikan bala shark tampil dengan tubuh ramping, pipih, dan memanjang. Warna sisiknya silver cerah dan sifatnya cukup tenang, sehingga banyak yang sangat menyukai ikan ini.

 

2.      Ikan Kumpai

ikan kumpai
i.ytimg.com

Ikan ini memiliki daya tarik pada bagian siripnya. Siripnya panjang dan terlihat merumbai, terlebih saat mereka berenang. Tidak hanya sirip, corak dan warna ikan ini juga menarik dan mempesona.

 

3.      Ikan Molly

ikan molly
thesprucepets.com

Ikan molly, salah satu ikan lucu yang cocok untuk dipelihara di aquarium. Bentuknya sangat khas, yaitu bagian perut yang membesar. Ikan ini memiliki warna dan corak yang sangat beragam.

 

4.      Ikan Koi

ikan koi
i.ytimg.com

Ikan koi termasuk salah satu ikan hias yang paling populer. Ikan ini tampil memukau dengan warnanya yang khas, yaitu jingga, hitam, dan putih.

 

5.      Ikan Palmas

ikan palmas
i.pinimg.com

Ikan palmas merupakan predator yang cukup ganas. Tampilannya pun cukup “seram”, yaitu dengan sirip punggung mirip naga. Namun, ikan ini tetap dicintai oleh penggemarnya.

 

6.      Ikan Arapaima

ikan arapaima
cdn.techexplorist.com

Ikan ini disebut-sebut sebagai ikan hias air tawar terbesar yang pernah ada. Ikan ini termasuk predator ganas, dan dianggap berbahaya oleh sebagian orang.

 

7.      Ikan Komet

ikan komet
google.com

Ikan komet memiliki corak dan warna seperti ikan mas, hanya saja tubuhnya sedikit lebih “gemuk”. Ikan ini mudah dipelihara karena sifatnya yang tenang dan mudah hidup dimana saja.

 

8.      Ikan Arwana

ikan arwana
fishkeepingworld.com

Ikan arwana cukup eksis menghiasi banyak aquarium. Pasalnya, ikan ini memiliki penampilan yang unik. Tubuhnya memanjang dan memiliki wajah yang khas, ikan ini dijuluki “Raja Ikan Hias”.

 

9.      Ikan Sapu-sapu Hias

ikan sapu sapu hias
awalbiru

Tampil cantik sekaligus bermanfaat? Itulah Ikan sapu-sapu. Selain cantik, ikan ini mampu membantu membersihkan kaca aquarium. Unik sekali bukan?

 

10.   Ikan Black Ghost

Ikan Black Ghost
google.com

Ikan hias rupanya tidak hanya identik dengan warna cerah. Ikan black ghost merupakan ikan hias dengan warna sisik yang gelap.

 

 

11.   Ikan Blue Elektrik

Ikan Blue Elektrik
google.com

Ingin memiliki ikan hias yang unik? Pilihlah ikan blue elektrik. Ikan ini memiliki warna tubuh biru elektrik yang sangat unik.

 

12.   Ikan Guppy

ikan guppy
google.com

Ikan guppy merupakan pilihan yang tepat untuk ditempatkan pada aquarium berukuran kecil. Tubuhnya mungil, tapi memiliki ekor yang besar seperti kipas yang sangat indah.

 

13.   Ikan Discus

ikan discus
google.com

Ikan discus memiliki bentuk tubuh yang berbeda dari yang lainnya, yaitu pendek dan bulat. Namun jangan salah, ikan ini memiliki keistimewaan yaitu corak dan warnanya yang istimewa.

 

14.   Ikan Koki

ikan koki
buildyouraquarium.com

Ikan doki adalah salah satu ikan hias yang paling laris. Bentuk tubuhnya menarik, kepalanya sedikit lebih besar, sirip-siripnya lebar, serta warnanya didominasi dengan warna jingga dan putih.

 

15.   Betta Splendens

ikan Betta Splendens
google.com

Ikan ini lebih akrab disebut ikan cupang. Tubuhnya kecil, namun siripnya lebar dan berkibar-kibar saat berenang. Ikan ini sedikit agresif, terutama saat wilayahnya terganggu.

 

16.   Ikan Corydoras

Ikan Corydoras
google.com

Ikan hias yang pemalu ini sangat suka berenang di dasar perairan. Sebagian pecinta ikan menyebutnya sebagai “ikan tikus”. Ikan ini termasuk golongan omnivora (pemakan segalanya).

 

17.   Ikan Botia

ikan botia
wikimedia.org

Ikan dengan bentuk panjang dan lancip ini memiliki corak “loreng” yang khas. Biasanya terdiri dari warna dasar jingga, dan garis loreng berwarna hitam. Sangat mempesona!

 

18.   Ikan Louahan

ikan lauhan
dictio.id

Daya tarik utama ikan ini adalah terdapat pada kepalanya, yaitu berupa benjolan. Uniknya, semakin besar ukuran benjolannya, maka semakin mahal harga jualnya.

 

19.   Ikan Neon Tetra

ikan neon tetra
aquarium-fish-plants.com

Ikan mungil dengan corak khas ini cukup laris manis di pasaran. Tubuhnya memiliki garis horizontal berwarna biru dan merah. Sisiknya akan bercahaya saat terkena sinar lampu.

 

20.   Ikan Lemon

ikan lemon
agrowindo.com

ikan ini eksis menghiasi aquarium dengan ciri khas warnanya, yaitu kuning cerah. Sekilas, ikan ini sangat mirip dengan buah lemon, maka dari itu ikan hias ini terkenal dengan istilah ikan lemon.

 

Ikan hias air tawar sangat laris diburu pecinta ikan. Selain jenisnya yang beragam, ikan ini juga sangat mudah untuk dipelihara. Anda bisa menempatkan ikan-ikan tersebut di kolam maupun aquarium sesuai selera Anda.

Satu pemikiran pada “Ikan Hias Air Tawar”

Tinggalkan komentar