Ikan Koi

Ikan koi, ikan cantik ini rasanya selalu ada di dalam setiap aquarium atau kolam. Mungkin, Anda lah salah satu yang memiliknya. Wajar saja, hal ini karena pesona ikan ini tidak pernah ada habisnya, bahkan selalu mendapatkan penikmat baru hampir setiap harinya. Sebagai pemilik ikan hias ini, Anda wajib tahu hal-hal penting di bawah ini.

 

Sejarah dan Asal Usul Ikan Koi

sejarah ikan koi
i.ytimg.com

Hal penting pertama adalah terkait sejarahnya. Meski sangat populer di Indonesia, ternyata ikan ini justru berasal dari Negeri Sakura, alias Jepang. Di Jepang, ikan ini bernama asli Nishikigoi, artinya adalah karper bersisik emas dan perak. Menurut sejarah, ikan ini mulai hijrah ke Indonesia setelah dibawa masuk oleh Kaisar Akihito sebagai kenang-kenangan untuk Presiden Soeharto, tepatnya tahun 1991.

 

Perkembangan Ikan Koi di Indonesia

perkembangan ikan koi
google.com

Ikan karper (koi) yang saat ini beredar di masyarakat Indonesia sebenarnya bukanlah yang asli dari Jepang. Sejak Kaisar Akihito mengunjungi Presiden Soeharto, beliau sempat mampir ke wilayah Bogor dan melihat Ikan Mas. Ikan tersebut kemudian dikawinkan dengan Ikan Karper asli Jepang. Perkawinan silang itu menghasilkan Ikan koi yang bercorak lebih menarik yang terkenal hingga sekarang.

 

Fakta-Fakta Unik Seputar Ikan Koi

 

Selain cerita sejarahnya, beberapa fakta unik tentang ikan berwarna jingga tersebut juga perlu Anda simak, diantaranya adalah:

 

1.      Pemakan Segala

 

Koi jingga ini termasuk golongan omnivora, alias pemakan segalanya. Pada habitat alaminya, ikan ini sering memakan tanaman air, hewan kecil, bahkan alga. Namun jika Anda ingin memberinya pakan instan, pastikan pakan tersebut mengandung protein, lemak, vitamin, karbohidrat, serta mineral dengan dosis seimbang.

 

2.      Ikan Koi Terbesar

 

Pernah melihat Koi raksasa? Meski sedikit mustahil, namun ikan koi terbesar memang nyata adanya. Ikan koi terbesar dari Indonesia ini pernah menang dalam kontes Grand Champion B & BIV Kawarimono pada tahun 2012. Ikan raksasa tersebut memiliki panjang tubuh hingga 110 centimeter. Tubuhnya dipenuhi sisik emas yang indah serta tubuh yang terlihat kekar.

 

3.      Mudah Iritasi terhadap Sinar Matahari

 

Meski mudah beradaptasi, namun ikan ini cukup sensitif dan mudah iritasi jika tersengat sinar matahari. Maka dari itu, disarankan untuk menempatkan kolam atau aquarium yang terlindung dari sinar matahari langsung. Hal ini untuk menghindari agar ikan tidak iritasi atau sakit yang lebih parah.

 

4.      Tukang Rundung

 

Sebenarnya ikan jenis Koi ini sangat suka berteman, namun hanya untuk ikan sejenisnya. Pada saat ikan ini dicampur dengan ikan jenis lainnya, terkadang mereka lebih suka menyerang atau mengintimidasi (merundung) lawannya. Hal ini perlu menjadi perhatian penting, agar Anda tidak salah mencampur beberapa jenis ikan sekaligus dalam satu “rumah”.

5.      Ikan Koi Tertua

 

Umumnya Koi hanya bisa hidup hingga usia 40-70 tahun. Namun ternyata, sejarah mencatat bahwa ikan karper (koi) tertua mampu hidup hingga usia 226 tahun. Ikan itu bernama Hanako, lahir tahun 1791 dan mati tahun 1977. Berat tubuhnya 7,5 kilogram, serta panjangnya sekitar 70 centimeter. Saat masih hidup, Hanako tinggal di kolam khusus, yaitu di lereng gunung sekitar Oppara

 

Jenis Ikan Koi Terpopuler dan Termahal

 

Setelah mengetahui fakta unik seputar ikan karper, berikut ini beberapa referensi ikan karper paling populer dan memiliki harga jual yang mahal.

 

1.      Ikan Koi Black Dragon

ikan koi black dragon
i.ytimg.com

Ikan ini pernah terjual dengan harga 2,9 Milyar pada acara pelelangan yang diadakan oleh Momotaro Farm. Sangat fantastis bukan? Harga fantastis ini disebabkan karena populasi Black Dragon sangat sedikit dan semakin langka. Coraknya pun sangat unik dan tiada duanya.

 

2.      Ikan Koi Kohaku

Ikan Koi Kohaku
google.com

Ikan ini memiliki pola yang sederhana, biasanya hanya terdapat dua warna saja, yaitu merah dan putih. Ikan koi kohaku akan semakin mahal jika proporsi polanya presisi atau seimbang dalam satu tubuh. Ikan ini pernah terjual seharga 1,1 Milyar, tepatnya pada ajang pelelangan di Jepang.

 

3.      Ikan Koi Sanke

Ikan Koi Sanke
google.com

Mirip dengan kohaku, koi sanke juga didominasi merah dan putih. Hanya saja, pada punggungnya terdapat tambahan corak hitam yang disebut sumi. Koi sanke dianggap berkualitas jika memiliki warna merah di bagian kepalanya. Serta warna lainnya harus terlihat cerah dan segar.

 

4.      Ikan Koi Asagi

Ikan Koi Asagi
i.ytimg.com

Tubuh ikan ini bercorak abu-abu kehitaman, namun pada bagian kepala dan siripnya justru berwarna putih, merah, dan kuning. Kombinasi corak yang menarik inilah yang membuat koi asogi sangat mahal. Harga jualnya mencapai 5 juta rupiah per ekornya.

 

5.      Ikan Koi Ginrin Showa

Ikan Koi Ginrin Showa
i.ytimg.com

Ikan ini sering ikut kontes di Jepang, dan pernah 4 kali menang. Tepatnya pada tahun 1976, 1977, 1979, dan 1980. Karena sering menang kontes dan memang memiliki pesona yang cantik, ikan ini masuk jenis termahal, harganya sekitar 425 juta rupiah per ekor.

 

6.      Ikan Koi Dainichi Showa

Ikan Koi Dainichi Showa
i.ytimg.com

Koi dainichi showa juga masuk deretan ikan termahal. Bagaimana tidak? Untuk membeli ikan ini, Anda harus sediakan dulu kocek sekitar 100 juta per ekor. Namun beruntungnya, ikan ini bisa ditemukan dengan mudah di pasaran, karena populasinya cukup melimpah. Anda tidak perlu repot mencarinya di ajang pelelangan khusus ikan.

 

7.      Ikan Koi Maruten Kohaku

Ikan Koi Maruten Kohaku
google.com

Ikan ini memiliki corak khas, yaitu maruten (mahkota) di kepalanya. Ikan ini pernah laku hingga miliaran rupiah pada kontes pelelangan di Jepang. Istimewanya lagi, corak merah di kepala yang berpadu dengan warna putih membuat tampilan ini menyerupai bendera Jepang. Tampilan ini seolah menandakan bahwa ikan ini memang “milik” Jepang.

 

8.      Ikan Koi Bekko

Ikan Koi Bekko
google.com

Jika koi identik dengan warna putih, maka berbeda dengan koi bekko. Ikan ini tidak memiliki warna putih. Warna yang dominan adalah kuning-hitam, merah-hitam, atau silver-hitam. Ukuran tubuh koi bekko bisa sepanjang 80 cm. Karena unik, wajar saja jika harga jualnya bisa mencapai 10 juta rupiah. Siap-siap rogoh kocek lebih dalam ya jika Anda ingin memilikinya.

 

9.      Ikan Koi Tancho

Ikan Koi Tancho
i.ytimg.com

Ikan jenis ini memiliki tubuh yang hampir polos tanpa corak. Warnanya putih bersih, meskipun ada beberapa yang terkadang terdapat corak tipis. Yang membuatnya istimewa adalah, adanya bulatan merah tepat di atas kepalanya. Bulatan ini seolah seperti mahkota Raja, sehingga membuat jenis koi tancho terkesan istimewa.

 

10.   Ikan Koi Blue Showa

Ikan Koi Blue Showa
google.com

Ikan jenis koi yang sangat mahal berikutnya yaitu koi blue showa. Harganya sangat fantastis, yaitu sekitar 700 juta hanya untuk satu ekor saja. Ikan ini tumbuh sangat cepat, dalam rentang waktu 1 tahun, panjangnya bisa sampai 40 centimeter. Wah, sangat cepat sekali ya?

 

Ikan koi hadir untuk memeriahkan pasar ikan hias di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Jenisnya sangat banyak, dan populasinya cukup melimpah. Meski ada beberapa jenis yang masuk kategori termahal, namun jangan buru-buru bersedih. Di Indonesia masih banyak jenis Koi lainnya yang dijual dengan harga lebih terjangkau.

Satu pemikiran pada “Ikan Koi”

Tinggalkan komentar