ikan koki mutiara

Ikan koki mutiara merupakan jenis ikan mas koki yang paling banyak dicari dipasaran oleh para pecinta ikan koki, bentuknya unik dan cantik serta bagian kulitnya berkilau seperti mutiara. Ikan ini memiliki panjang tubuh berkisar antara 5 cm – 7 cm.  Kombinasi warna pada tubuh ikan ini sangatlah istimewa dengan paduan warna yang sering ada di Indonesia yaitu putih polos, kuning, belang, putih, merah, dan orange.

Ikan Mas Koki Mutiara

ikan mas koki mutiara

Dahulu jenis ikan mas koki diindonesia masih sedikit tidak seperti sekarang. Namun para peternak ikan mas koki berusaha membuat banyak jenis yang variatif dengan mengawinkan silang sehingga memunculkan jenis ikan mas koki terbaru.

Hasilnya sungguh luar biasa, sekarang sudah ada sekitar 20 jenis ikan mas koki di Indonesia, mulai dari yang paling murah dan paling banyak tersedia dipasaran hingga ikan mas koki yang paling langka dan mahal dipasaran, seperti ikan mas koki mutiara.

Ikan koki mutiara cepat mati

Ikan koki mutiara cepat mati

Walaupun bentuknya indah, namun ikan mas koki mutiara memiliki kelemahan yang sering terjadi yaitu angka kematian ikan ini termasuk tinggi dibandingkan yang lainnya. Kenapa ini bisa terjadi?

Untuk menghindari hal tersebut ada hal penting yang perlu di persiapkan saat memutuskan untuk berternak ikan mas jenis ini:

Overfeeding (pemberian makan berlebih)

Memberikan makan merupakan faktor utama pada pertumbuhan pada ikan. Namun pemberian makan yang berlebih justru menimbulkan efek yang buruk pada perkembangannya, karena feses yang dihasilkan ikan akan bertambah banyak didalam aquarium, hal ini dapat menyebabkan hal buruk karena air aquarium akan menjadi keruh dan dapat memicu stress dan kematian.

Kualitas air buruk

Faktor penunjang kehidupan utama ikan adalah air, kondisi air yang bersih  maka ikan pun akan merasa nyaman dan sehat. Begitu juga sebaliknya kondisi air yang kotor atau ph rendah maka ikan pun akan stress dan mati. Maka hal yang harus sering kita perhatikan untuk menjaga kebersihan air didalam kolam ikan atau aquarium adalah filtrasi dan juga sirkulasi airnya yang baik.

Over feeding juga salah satu penyebab utama keruhnya air karena saat ikan makan makanan berlebih maka kotoran ikan dalam aquarium akan menumpuk dan menyebabkan melonjaknya zat amonia yang menumpuk. Amonia adalah pembunuh super bagi para ikan, apabila amonia mengenai si ikan maka dia akan membakar ikan tersebut. Biasanya sering terjadi bintik bintik hitam pada tubuh ikan, sirip ikan seperti bergaris merah darah, dan juga dapat merusak ekor dan insang. Penggantian filternya rutin bisa mencegah pertumbuhan amonia dengan mengeluarkan bakteri baik dari filter yang dapat menekan pertumbuhan amonia di dalam aquarium.

Amonia bukanlah salah satu pembunuh ikan dalam hal perawatan air, perlu diperhatikan juga kualitas ph dan juga lonjakan nitrit di dalam air.  Untuk menhindari lonjakan nitrid dan perubahan ph air, dalam minggu pertama saat memeasukkan ikan kedalam aquarium perlu diperhatikan penggunaan filter air mekanik dan biologis dengan penambahan bakteri starter dan juga nitrogen

Bakteri TB

Selain dari faktor kualitas air hal yang penting harus diperhatikan adalah kondisi tempat pembelian ikan yang sehat dan terpercaya. Karena ditempat penangkaran ikan sering kali kondisinya sangat sempit, kotor dan bergerumun para bakteri menyatu dalam satu kolam atau aquarium. Hal ini menyababkan ikan tertekan dan stress, dan lebih parahnya lagi kondisi seperti ini menjadi pemicu berkembangnya bakteri TB yang dapat menular pada ikan lainnya yang berada dalam 1 lingkup tersebut.

Menurut penelitian 63 % kematian ikan hias disebabkan oleh serangan bakteri TB dalam aquariumnya. Jadi untuk membeli ikan hias disarankan kepada para peternak besar yang terpercaya dalam pemerhatian kesehatan ikan dan juga kondisi kolam tempat penangkarannya. Karena bakteri TB ini belum ada obat yang ampuh dijual dipasaran.

Parasit

Parasit juga sering menempel pada ikan yang terbawa dari tempat penangkaran sebelumnya. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal dalam ikan tersebut, biasanya parasit yang terbawa oleh ikan ini berupa ich atau kutu. Namun banyak juga bakteri yang tidak dapat terlihat oleh mata telanjang yang banyak berkembang di penangkaran yang kurang sehat. Parasit ini sangat merugikan, karena secara tidak langsung dia selalu menggerogoti jaringan pada ikan itu sendiri. Apabila ikan masih kuat menahannya maka tidak akan terlihat bahwa sedang diserang oleh parasit. Namun dalam kurun waktu beberapa bulan biasanya ikan ini tidak mampu lagi menahan sakit akibat digerogoti parasit ini, parahnya hal ini bisa menyebabkan kematian pada ikan tersebut.

Hal yang harus diperhatikan saat ikan diserang parasit adalah

  • Mengkarantina atau memisahkan ikan yang terkena parasit dengan yang lainnya agar parasitnya tidak menular.
  • Berikan pengobatan yang tepat, banyak obat parasit ikan yang dijual ditoko ikan hias.
  • Tunggu hingga ikan pulih total barau boleh dicampur dengan yang lainnya

Penyebab lain

Selain faktor yang disebutkan diatas masih banyak faktor lain yang menyebabkan ikan mas mudah mati. Biasanya faktor perpindahan ikan dari peternak ke toko ikan atau ke konsumen menyebabkan ikan stress. Saat ikan stress metabolismenya tidak seimbang dan nafsu makan berkurang sehingga rawan terserang penyakit.

Ikan juga sering tertekan saat proses pengiriman karena kadar oksigen yang terbatas, jarak yang ditempuh jauh, temperatur yang meningkat diatas mobil membuat ikan jadi lemas bahkan ada yang mati saat diperjalanan.

Selain itu hal yang perlu diperhatikan adalah penggantian air aquarium secara berkala. Air yang jarang diganti akan menyebabkan kontaminasi zat kloromin atau logam, pelepasan hidrogen sulfida dari bagian batu kerikil, nitrat dan juga kontaminasi zat asing dadakan yang masuk dari luar aquarium. Walaupun sudah menggunakan filter tetap kadar bakteri baik dalam filter hanya dapat melawan nitrit dan kontaminasi lainnya dalam jumlah sedikit saja.

 

Harga ikan mas koki mutiara

Harga ikan mas koki mutiara termasuk salah satu golongan dari ikan koki yang paling mahal. Harganya sangat fantastis mulai dari harga Rp 150000 per ekor

hingga harga paling fantastis yang ada dipameran sempat ditawar dengan harga Rp 3.000.000. Hal ini merupakan peluang besar buat para peternak ikan mas koki mutiara, walaupun terhitung sulit dalam perawatannya tetapi saat masa panennya hasilnya pun tidak mengecewakan.

 

Jadi sobat semua sudah tahu kan resiko dan juga trik agar ikan mas koki mutiara  sehat aman dari penyakit dan juga sekaligus dapat menaikan harga jual. Peluang berternak ikan koki mutiara sangatlah berpotensi tinggi soal pendapatan, asalkan perawatannya sudah dilakukan dengan benar pasti semua kendala yang ada dapat teratasi dengan sendirinya. Cukup sekian ulasan dari saya semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua, Salam pecinta ikan

Satu pemikiran pada “ikan koki mutiara”

Tinggalkan komentar