Ikan Louhan

Pernah melihat ikan yang kepalanya benjol? Mungkin Anda pernah mengira bahwa ikan tersebut sakit atau cacat. Bukan, ikan tersebut bukan sedang sakit. Justru, ikan tersebut merupakan ikan hias dengan harga jual cukup mahal. Ya, ikan louhan namanya. Ikan hias ini memang sangat unik dengan pesonanya yang khas. Seperti apa ya profil selengkapnya? Berikut ulasannya.

 

Ikan Louhan yang Dipercaya Membawa Kebahagiaan serta Kesejahteraan

 

Selain sebagai ikan hias, rupanya ada sebagian masyarakat yang memiliki keyakinan tertentu terhadap ikan ini. Louhan dipercaya dapat membawa kebahagiaan dan kesejahteraan bagi siapa saja yang memeliharanya di rumah. Meski mitos, namun kepercayaan ini masih terus ada hingga sekarang.

 

Kepercayaan ini mulanya berasal dari Negeri Tiongkok. Istilah “Louhan” disebut-sebut memiliki arti sebagai “Dewa Pelindung”. Berawal dari sini kemudian mulai berkembang kepercayaan bahwa ikan ini mampu membawa hoki untuk pemiliknya. Selain hoki, pemiliknya akan merasa bahagia dan sejahtera.

 

Tips Memilih Ikan Louhan Berkualitas Bagus

 

Meski sudah sering diklaim sebagai ikan yang mahal dan bagus, namun rupanya tidak semua louhan dijamin berkualitas. Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal agar tidak tertipu saat membelinya.

 

1.      Penampilan Fisik

 

Pertama, perhatikan penampilannya. Ukuran ideal untuk ikan louhan berkualitas adalah sepanjang 30 sampai 40 cm. Tubuhnya cukup kekar dan besar, siripnya lebar dan seperti kipas. Yang paling utama adalah, terdapat benjolan di kepalanya. Selain itu, tubuh harus bebas jamur atau penyakit, biasanya berbentuk bercak putih. Ciri-ciri terakhir yaitu adanya bulatan merah di bola matanya.

 

2.      Tampilan Motif dan Warna

 

Ikan yang sehat memiliki sisik dengan warna cerah dan sedikit mengkilap. Tidak hanya itu, motif atau coraknya pun perlu diperhatikan. Semakin unik dan bagus coraknya, maka semakin menentukan kualitas dan harga jualnya. Louhan paling bagus memiliki insang berwarna merah, serta garis hitam dari pangkal ekor sampai bagian kepala.

 

3.      Sifat

 

Selanjutnya, perhatikan juga sifat ikan. Ikan yang sehat dan berkualitas ditandai dengan sifatnya yang agresif, lincah, dan peka terhadap rangsangan. Salah satu cara untuk mengecek perilakunya yaitu dengan cara memasukkan tangan Anda ke dalam aquarium. Jika ikan itu sehat, maka ikan akan mengikuti pergerakan tangan Anda.

 

Harga dan Jenis Ikan Louhan

 

Bagaimana, apakah Anda sudah berminat membelinya? Tunggu dulu, simak daftar harga dari masing-masing jenis louhan berikut agar semakin mantap sebelum membelinya.

 

1.      Ikan Louhan Kamfa

 

Louhan jenis kamfa berasal dari Thailand, namun sudah sangat “betah” tinggal di Indonesia. Kamfa hadir dengan pesona corak bintik abu-abu dan warna dasar merah hati. Ikan ini dihargai Rp 850.000 untuk anakan, sedangkan kamfa dewasa dijual dengan harga 3,5 juta.

 

 

2.      Ikan Louhan Cencu

 

Louhan cencu dikenal juga dengan panggilan “Louhan Mutiara”. Wajar saja, hal ini karena tubuhnya penuh dengan bintik mutiara berwarna cerah. Biasanya ikan ini memiliki perpaduan 2 warna, misalnya merah dan kuning emas. Harga louhan cencu dewasa mencapai 750 ribu.

 

3.      Ikan Louhan SRD

 

SRD atau Super Red Dragon tampil memukau dengan benjolan kepala berwarna merah terang. Tubuhnya dipenuhi corak hitam berbentuk mirip bunga dan berpadu dengan warna dasar abu-abu kekuningan. Jika Anda ingin memilikinya, siapkan uang sekitar 1,5 juta untuk membeli SRD dewasa.

 

4.      Ikan Louhan Golden Red

 

Louhan golden red digadang-gadang menjadi ikan hias termahal di seluruh dunia. Warnanya terdiri dari gradasi warna merah dan kuning keemasan. Golden red dewasa dijual seharga 3 jutaan. Namun saat ikan sudah sering menang kontes, harga jualnya akan meningkat hingga belasan juta.

 

5.      Ikan Louhan Super Red Texas

 

Louhan Super Red Texas (SRT) merupakan hasil kawin silang dari indukan louhan Texas cichlid abu-abu dan louhan golden red. Meski tidak tampil dengan “benjolan” besar, namun ikan cantik ini ditawarkan dengan harga cukup mahal, yaitu 2,3 juta untuk louhan SRT dewasa.

 

6.      Ikan Louhan Golden Base

 

Meski mahal, louhan golden base tetap laris manis diborong. Harga ikan dewasa dengan warna kuning emas mewah ini ada di kisaran 1,8 juta per ekornya. Selain warnanya yang cantik, ikan ini tidak memiliki warna hitam di tubuhnya, tampilan ini tentu berbeda dari Louhan jenis lainnya.

 

7.      Ikan Louhan Bonsai

 

Selanjutnya yaitu louhan bonsai. Tubuhnya mungil, bulat, namun memiliki benjolan yang cukup besar di kepalanya. Corak dan warnanya cukup bervariasi, hal ini membuat louhan bonsai tidak pernah ditinggal penggemarnya. Harga louhan bonsai dewasa sekitar 800 ribu per ekornya.

 

8.      Louhan Red Monkey

 

Louhan red monkey awalnya berwarna hitam, kemudian secara bertahap mengalami mutasi. Warna hitamnya memudar, dan perlahan berganti menjadi warna merah cerah. Semakin pekat warna merah ditambah semakin besar benjolannya, maka harga semakin mahal, yaitu sekitar 700 ribu.

 

Tips Merawat Ikan Louhan Agar Ciri Khasnya Semakin Muncul

 

Memelihara louhan memang susah-susah gampang. Tidak hanya merawat agar tetap hidup sehat saja, namun lebih dari itu louhan perlu disiapkan untuk investasi. Beberapa tips merawat louhan yang baik dan benar agar karakternya keluar diantaranya:

 

1.      Aquarium yang Cukup Luas

 

Louhan memiliki ukuran tubuh yang besar, maka sebaiknya siapkan aquarium yang besar agar mereka bisa berenang bebas.

 

 

2.      Rutin Memeriksa Kondisi Air

 

Periksa air secara rutin, jangan sampai air menjadi keruh. Kesehatan ikan juga bergantung pada kualitas air.

 

3.      Membersihkan Selalu Filter Aquarium

 

Selain membersihkan air aquarium, mesin filter juga perlu dibersihkan secara rutin agar tidak menjadi sarang bakteri atau jamur pada lubang airnya.

 

4.      Pakan Harus Berkualitas

 

Berikan nutrisi lewat makanan yang baik. Perhatikan kandungan gizi yang betul-betul dibutuhkan oleh louhan. Nutrisi yang dibutuhkan meliputi protein, lemak, vitamin, dan sebagainya.

 

5.      Berinteraksilah dengan Ikan Louhan

 

Selain perawatan fisik, Anda juga perlu merawat psikisnya dengan kasih sayang. Berinteraksi pada louhan dapat membuat ikan tumbuh sehat dan terbebas dari stres atau tekanan.

 

Makanan Ikan Louhan

 

Agar tumbuh cantik, sehat, dan memiliki benjolan besar, louhan sangat perlu diberi pakan yang bernutrisi. Pakan bisa berasal dari alam, misalnya seperti cacing, ikan-ikan kecil, udang, dan jangkrik. Sebaiknya Anda berikan pakan-pakan tersebut dalam keadaan segar, agar nutrisinya masih utuh.

 

Selain pakan alami, Anda bisa juga menaburkan pakan buatan pabrik di aquarium louhan kesayangan Anda. Misalnya pelet Okiko, pelet Tetra Louhan, pelet Akari, pelet Yukari, dan sebagainya. Pakan instan tersebut sangat mudah didapatkan, namun Anda perlu merogoh kocek tambahan untuk hal ini.

 

Ikan louhan merupakan ikan hias dengan penampilan yang sangat khas, yaitu benjolan di atas kepalanya. Semua jenis ikan ini dijual dengan harga yang cukup mahal. Kebanyakan pecinta ikan memelihara ikan ini tidak hanya sekedar sebagai hiasan saja, namun juga untuk investasi atau sengaja disiapkan untuk mengikuti kontes.

Satu pemikiran pada “Ikan Louhan”

Tinggalkan komentar