Jenis Ikan Guppy

 

Ikan Guppy, menjadi salah satu ikan yang wajib dimiliki bagi para kolektor ikan hias. Bentuk ekornya yang indah seperti bunga warna-warni, serta memiliki karakter yang ramah semakin mendongkrak popularitas ikan ini. Tahukah Anda bahwa Guppy memiliki banyak jenis? Yuk, intip Jenis Ikan Guppy di bawah ini:

 

Jenis-jenis Ikan Guppy Berdasarkan Spesiesnya

jenis ikan guppy
google.com

Berikut referensi jenis Ikan Guppy yang paling sering dicari pecinta ikan hias:

 

1.      Ikan Guppy Cendolan – Ikan Guppy Pastel

guppy pastel
abahtani.com

Disebut “cendolan” karena ikan ini merupakan ikan yang tidak lolos QC alias reject. Kualitasnya dianggap menurun karena memiliki warna dan gen yang sudah bercampur-campur.

 

2.      Ikan Guppy Young Pair Champion Purple

 

Meski bertubuh mungil, namun ada jenis Guppy yang dijual dengan harga mahal, salah satunya yaitu Young Pair Champion Purple. Ikan dengan gradasi warna putih-biru-hitam ini dihargai sekitar 1 juta rupiah.

 

3.      Ikan Guppy Metalik

 

Guppy metalik memiliki pesona sisik berwarna biru dan abu-abu. Terkadang terdapat bintik-bintik mulai dari bagian tengah tubuh hingga ujung ekornya.

Baca juga : Jenis Ikan Hias Koi

4.      Ikan Guppy Neon

 

Guppy Neon memiliki warna yang unik, yaitu hijau kekuningan pada tubuhnya. Ekornya pun tampil memukau dengan warna kuning kemerahan.

5.   Ikan Guppy Tuxedo

Berwajah putih, namun bertubuh hitam, dialah Guppy Tuxedo. Meski berwarna “aneh”, namun justru inilah yang menjadi daya pikat utama bagi para fish lover.

 

6.      Guppy Japan Blue

 

Ikan Guppy ini berasal dari Jepang. Tubuhnya berwarna biru langit, ekornya bercorak bintik-bintik hitam dengan warna dasar gradasi putih dan biru. Cantik sekali ya?

 

7.      Guppy Pink White

 

Sesuai namanya, Guppy jenis ini memiliki dua warna utama, yaitu merah mudah dan putih. Pada “kipas” ekornya terdapat corak bintik-bintik abstrak yang membuat ikan ini semakin menakjubkan.

 

8.      Guppy Mozaic

 

Menurut catatan, Guppy Mozaik merupakan anak dari kawin silang. Indukan ikan ini berasal dari Guppy Tuxedo dan Guppy liar. Sama dengan Tuxedo, ikan ini memiliki warna hitam yang dipadu dengan warna cerah lainnya.

 

 

 

 

9.      Ikan Guppy Platinum Half Moon

 

Jika biasanya ikan berwarna merah keemasan, namun Guppy yang satu ini tidak. Platinum Half Moon memiliki ekor yang sangat lebar. Seluruh tubuhnya berwarna putih cerah, sehingga terlihat seperti bulan.

 

10.   Ikan Guppy Grass

 

Corak utama ikan Guppy Grass terdapat pada sirip serta ekornya. Terdapat puluhan corak noktah yang sangat unik. Apalagi pada saat berenang sembari mengibaskan ekornya, akan terlihat corak ekor yang semakin memukau pandangan mata kita.

 

11.   Guppy Leopard

 

Corak yang dihasilkan dari ikan ini merupakan hasil persilangan. Jenis Guppy yang disilangkan yaitu Guppy Cobra dan Guppy Polos. Alahasil, Guppy Leopard tampil istimewa dengan corak noktah yang tersebar.

 

12.   Guppy Green Red Dragon

 

Ciri utama Green Red Dragon yaitu ekornya yang sangat lebar, seolah ikan ini tengah membawa beban. Corak dan warnanya cenderung gelap bercampur kuning keemasan.

 

Cara Merawat Ikan Guppy

Cara merawat semua jenis Ikan Guppy hampir sama dengan ikan hias lainnya. Namun ada satu hal yang cukup penting, yaitu saat mengganti air. Air yang dibuang cukup 15% saja dari total air aquarium. Jangan sampai air dibuang semua dan ikan dipindahkan ke tempat lain. Proses ini dapat membuat ikan terganggu dan stres.

 

Ikan Guppy adalah ikan hias yang dapat menghipnotis banyak orang. Dengan keindahan ekornya yang lebar serta warna tubuhnya yang unik, semua jenis Ikan Guppy mampu menembus pasar dan layak disetarakan dengan ikan hias bertubuh besar lainnya.

Tinggalkan komentar