Operasi Arwana Super Red

Kehidupan Ikan didalam air sering mengalami kendala pada penyakit atau jamur pada kulitnya, sehingga hal ini menyebabkan menurunnya kesehatan dan juga mengurangi efek cantik pada penampilannya. Biasanya pada sisi insang ikan arwana super red ini sering muncul jamur dan juga berpotensi terlipat. Tidak hanya itu kadang dibagian kumisnya juga ikut berjamur. Hal yang perlu diperhatikan untuk merawatnya adalah melakukan Operasi khusus untuk menghindari efek fatal akibat jamur dan lipatan insang ikan arwana super red ini.

Untuk melakukan operasi arwana super red kamu bisa melakukannnya sendiri dirumah dengan perlatan yang sederhana, hal ini tidak akan memakan waktu lama sehingga tidak akan menyita waktu luangmu di hari libur. Sebelum kita membahas tentang cara operasi ikan ini alangkah baiknya kita mengetahui dulu bagaimana para peternak ikan arwana super red mengupayakan pencegahan kepunahan ikan arwana super red ini.

Ikan arwana super tergolong ikan yang sulit untuk dibudidayakan, sehingga dipasar ikan hias jenis ini menjadi sangat jarang kita jumpai. Hal ini salah satu faktor yang menyebabkan harga ikan ini tergolong lebih tinggi dibanding dengan varietas arwana lainnya. Akan tetapi susahnya membudidayakan arwana super red bukan berarti tidak bisa. Berikut strategi para peternak berusaha mencegah kepunahan ikan arwana super red ini:

 

Upaya untuk pencegahan kepunahan ikan arwana

budidaya ikan arwana super red

Cara paling efektif dalam menghindari kepunahan ikan arwana super red ini adalah, dengan pengupayaan budidaya ikannya yang lebih intens. Walaupun tekat para peternak sudah kuat. Tetapi rintangan yang dihapinya melalui proses yang lumayan lama, dan juga banyaknya kendala yang terjadi membuat peternak lebih beralih kejenis ikan arwana lainnya yang lebih mudah.

Cara reproduksi ikan arwana yaitu dengan cara menyatukan pejantan dan betina didalam satu kolam. Untuk proses pembuahanya, pejantan arwana mengeluarkan sperma dan betina mengeluarkan sel telur yang dibuahi diluar. Hasil telur yang ada diluar tadi disimpan oleh pejantan arwana didalam mulutnya untuk dieram. Proses pengeraman telur arwana hingga menjadi burayak membutuhkan waktu sekitar 60 hari. Dalam kurun waktu 2 bulan itu juga si pejantan arwana tidak makan apapun sampai anaknya menetas. Sedangkan tugas arwana betina, diganti dengan melakukan pengamanan area persembunyian pejantan  arwana. Hal ini dilakukan agar si pejantan arwana pembawa telur aman dari serangan predator lainnya.

Perawatan ikan arwana super red

Untuk menaikkan harga jual ikan arwana super red hal yang penting harus dilakukan adalah perawatan rutin pada bagian sisik,kumis dan juga bagian insang. Kumis dan juga insang ikan arwana sering berjamur dan juga berlipat, hal ini kalau dibiarkan bisa menyebabkan ikan tersebut terganggu dan stress. Cara membersihkan kumis arwana dan juga merapikan insang arwana yang terlipat:

Merapikan kumis arwana yang berjamur

Kumis pada ikan arwana merupakan salah satu daya pikat dari ikan ini, namun kondisi air dan juga sifat agresif ikan arwana membuat kumis ini berjamur dan juga kusut. Lalu bagaimana cara membersihkan jamur pada kumis ikan arwana ini agar terlihat indah lagi dan tidak menyebar jamurnya kebagian mulutnya? simak penjelasan berikut ini!! Pertama yang harus disiapkan adalah wadah untuk menangkap ikan arwana ini.

Kalau ikan arwananya sudah besar  cara menangkapya harus dengan cara diputar putar perlahan ikannya,dengan cara memasukkan tangan kedalam kolam terus pegang bagian kepala ikan dan diputar perlahan lahan sampai ikan tersebut lemas, kira kira 5 sampai 10 menit. Ingat untuk trik ini perlu diperhatikan saat memegang bagian kepala ikan arwana jangan sampai menyentuh dibagian perut dan ekor ikan ini, karena dapat membuat si ikan ini kaget dan trauma. Setelah ikan sudah lemas, kita tinggal bersihkan sisi kumis ikan dari jamur dan kalau perlu potong bagian yang rusak atau keriput.

Gunting insang arwana

Cara memperbaiki dan membersihkan insang arwana yang berjamur atau terlipat.  Memang agak sulit, karena kita perlu membius ikan ini agar proses pembersihan insangnya dapat maksimal, tidak membuat ikan stress dan trauma. Untuk prosesnya kita perlu membuat ikan awananya lemas dulu seperti langkah diatas, saat ikan sudah lemas maka yang perlu disiapkan adalah kantong untuk menangkap ikan tersebut untuk dilakukan pembiusan. Apabila jamur disirip ikan ini hanya sedikit cukup bersihkan saja setelah si ikan jinak dipegang kita.

  • Hal penting yang perlu diperhatikan adalah selalu perhatikan ketenangan ikan arwana, karena kalau ikan arwana memberontak bisa menyebabkn sisiknya terlepas dari tubuhnya. Untuk mengembalikan kondisi sisik ikan arwana yang terlepas dapat membutuhkan waktu yang sangat panjang rata rata 1 tahun.
  • Saat ikan arwana lemas kita masukkan kantong plastik selebar aquarium kedalam air untuk menangkapnya. Ikan arwana yang lemas akan mudah kita giring  masuk kedalam kantong plastik, dan tidak membuat ikan arwana berontak terlalu kuat. Karena kalau ikan arwana berontak kuat akan melukai bagian sisik tubuh dan juga ekor ikan arwana tersebut.
  • Beri obat bius kedalam kantong plastik jangan sampai mengenai sisiknya,karena akan mebakar sisik ikan arwana tersebut. Tunggu hingga ikan pingsan.
  • Siapkan gunting dan sterilkan dengan alkohol dan kapas.
  • Apabila ikan masih bergerak gerak walau pelan tetap pegang agar kepala ikan tetap berada didalam air,agar tidak masuk angin. Karena kalau ikan masuk angin akan kembali sadar.
  • Bersihkan jamur pada sisi sisi ingsang dengan kuku tangan.
  • Waktunya pilih ingsang yang melipat untuk dioperasi dengan gunting dengan mengikuti alur ingsang. Potong secukupnya pada bagian yang melipat.
  • Setelah selesai operasi, masukkan ikan arwana kembali keaquarium dan simpan ikan dikucuran air sekitar 5 menit sampai ikan terbangun.

 

Untuk beberapa waktu kedepan bentuknya akan tidak rapi karena membutuhkan waktu yang lama untuk pertumbuhan ikannya. Untuk lebih lengkapnya bisa check dichannel youtube berikut:

 

 

 

Tinggalkan komentar